Rabu, 25 Agustus 2010

Wartawan Tewas Ditembak

MOGADISHU - Seorang wartawan Somalia tewas dalam baku tembak antara kelompok gerilyawan Islam dan pasukan pemerintah di Mogadishu pada Selasa.

Barkhat Awale, 60, wartawan dan pengelola Radio Hurma, sedang berada di atap kantor stasiun radio itu untuk membantu seorang teknisi menempatkan perlengkapan transmisi secara tepat.

"Tiba-tiba sebutir peluru menembus perutnya. Pertolongan dilakukan namun dia akhirnya tewas," kata Komite Perlindungan Wartawan (CPJ) yang berpusat di New York.

Rekannya melarikan dia ke rumah sakit Medina tempat ia dinyatakan meninggal setibanya di rumah sakit.

Awale telah bekerja selama 30 tahun sebagai wartawan dan memimpin Radio Hurma, satu stasiun komunitas kecil dalam empat tahun belakangan ini. Radio itu berada di daerah yang dikuasai pemerintah.

"Awale adalah wartawan kedua yang tewas di Somalia tahun ini, setelah pembunuhan wartawan sebuah stasiun Radio Mogadishu Mei lalu," kata CPJ.

Sejak Senin, gerakan Shebaab melancarkan serangan besar-besaran mereka terhadap pasukan pemerintah dan para pendukungnya Uni Afrika di ibu kota Somalia itu.

Sedikitnya 65 warga sipil tewas dalam aksi kekerasan terbaru, sekitar 30 orang dari mereka terjadi dalam serangan di sebuah hotel oleh dua gerilyawan Shebaab.

Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar